HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, dan IVC SekolahDasarNegeriCiampea 02 KecamatanCiampeaKabupaten Bogor Semester GenapTahunPelajaran 2017/2018

Ningsih, Widia Desi and Hidayat, Rais and Muhajang, Tatang (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, dan IVC SekolahDasarNegeriCiampea 02 KecamatanCiampeaKabupaten Bogor Semester GenapTahunPelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD DesiWidiaNingsih.pdf

Download (88kB)

Abstract

DesiWidiaNingsih. 037114049. Hubungan Antara Komunikasi InterpersonalDengan Motivasi Belajar Siswa pada siswa kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan CiampeaKabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuiterdapat hubungan positifantara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa.Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 119 siswa kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk komunikasi interpersonal dan motivasi belajar siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus AlphaCronbach.Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antarakomunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,93 yang dikategorikan sangatkuat. Adanya hubungan yang fungsional antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= (-0,014 + 1,036x) setiapkenaikan 1 unit motivasibelajarakanmeningkatkan1,036 komunikasi interpersonal. Hasil koefisien determinasi r2 = 0,86 yang menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berkontribusi sebesar 86% terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : komunikasi interpersonal, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:25
Last Modified: 14 Sep 2022 06:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item View Item