PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A di SDN Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Purnama, Lia Jati and Kurnia, Dadang and Sundari, Fitri Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A di SDN Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD LIA JATI PURNAMA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Lia JatiPurnama. 037114342. Penerapan Model PembelajaranDiscovery Learning untukMeningkatkanHasilBelajarpadaSubtemaLingkunganTempatTinggalkukelas IV-A SDN Babakan. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarUniversitasPakuan Bogor 2018. PenelitianinidengandesainPenelitianTindakanKelas, dilaksanakansecarakolaboratifdalamduasiklus. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmemperbaiki proses pembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarpadasubtemalingkungantempattinggalkumelaluipenerapan model pembelajaranDiscovery Learning. Subyekpenelitianiniadalahkelas IV-A SDN Babakan Kota Bogor yang berjumlah 32 siswa, terdiridari 17 siswalaki-lakidan 15 siswaperempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018. Hasilpenelitianmenunjukanbahwanilai rata-rata penilaian proses pelaksanaanpembelajaranpadasiklus I mendapatkanhasil 60, lalupada siklus II meningkatdanmemperolehhasil 81,75 atau secara klasikal sudah mencapai indikator penilaian yaitu 81. Observasiperubahansikapsiswasiklus I memperolehhasil 61,10sedangkanpadasiklus II mencapaihasil 87,11 atau sudah mencapai indikator penilaian sikap yaitu 81. Observasiperubahanketerampilansiswasiklus I memperolehhasil 73,96, pada siklus II meningkatdanmemperolehhasil 84,77 atau telah mencapai indikator penilaian keterampilan yaitu 81 . Begitu juga denganketuntasanhasilbelajardimana pada siklus I mendapatkanhasil 46,88%, padasiklus II meningkatmenjadi 84,38% atau secara klasikal sudah mencapai 80% dengan KKM=70. Berdasarkanhasilpenelitian di atas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan Model PembelajaranDiscovery Learningdapatmemperbaiki proses pembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikdariaspeksikap, pengetahuandanketerampilanpadasubtemalingkungantempattinggalku di kelas IV-A SDN BabakanKec. Bogor Tengah, Kota Bogor semester genaptahunpelajaran 2017/2018. Kata Kunci :HasilBelajar, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:26
Last Modified: 14 Sep 2022 06:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5273

Actions (login required)

View Item View Item