PENGARUH BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciwalen Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Lestar, Ayu and Patras, Yuyun Elizabeth and Handayani, Rukmini (2021) PENGARUH BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciwalen Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD AYU.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Lestari. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B, Sekolah Dasar Negeri Ciwalen Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 76 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 43 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel berpikir kritis menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel (α = 0,05) = 4,11 > 2,000 sehingga h0 diterima. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ= 35,12 +(0,54X) hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel berpikir kritis akan menyebabkan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi sebesar 0,54 unit. Kontribusi berpikir kritis terhadap keterampilan menulis karangan narasi ditunjukkan oleh koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,54 dengan koefesien determinasi 29,16, hal ini berarti bahwa penaikan atau penurunan keterampilan menulis karangan narasi dipengaruhi oleh tingkat berpikir kritis sebesar 29,16% sedangkan sisanya 70,84% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif berpikir kritis terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi adalah Dengan meningkatkan berpikir kritis. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:54
Last Modified: 26 Aug 2022 12:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item