PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN Penelitian Eksperimen Quasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri Depok 4 Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022

ROMINTANG, BELLA PAULINA and Windiyani, Tustiyana and Suchyadi, Yudhie (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN Penelitian Eksperimen Quasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri Depok 4 Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Bella Paulina Romintang_037117194_PGSD.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Bella Paulina Romintang. 037117194. Penelitian “PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Depok 4. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Depok 4 Kota Depok yang terdiri dari 60 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar skor rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 63,22 dengan ketuntutasan hasil belajar 79% sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 28,66 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 33%, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N- Gain sebesar 60. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (71,2045) > ttabel (2,0017) Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara Pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran; Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Sep 2022 04:51
Last Modified: 17 Sep 2022 04:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item