PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Mujahidah, Fitriah and Anwar, Wawan Syahiril and Gani, Resyi Abdul (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Fitriah Mujahidah_037118002_PGSD.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriah Mujahidah. 037118002. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2022. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi desian dua kelas. Tujuan penelitian yakni mampu mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV dengan penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual pada kelas eksperimen yaitu kelas IV A dan penerapan model konvensional yang terdapat pada kelas kontrol yakni kelas IV B. Subjek penelitian yaitu kelas IV A dan Kelas IV B di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor yang berjumlah 73 peserta didik. Waktu pelaksanaan di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menujukan terdapat pengaruh serta perbedaan yang signifikan yang terdapat pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74 termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 90%, lalu diperolehan nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas kontrol yaitu 64 termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai ketuntasan hasil belajar 77%. Uji hipotesis menyatakan H0 ditolak serta Ha (hipotesis alternatif) diterima karena nilai thitung (80,2568) > ttabel (2,00030) dengan dk 72 dan taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Sep 2022 04:04
Last Modified: 17 Sep 2022 04:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item