PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM – MACAM GAYA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Nizia Amanda and Sukmanasa, Elly and Susanto, Lufty Hari (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM – MACAM GAYA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
NIZIA AMANDA PUTRI_037118119_PGSD.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya teknologi saat ini berdampak positif bagi bidang pendidikan, hal ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan pembelajaran yang ideal bagi peserta didik. Untuk menciptakan pembelajaran yang ideal ini membutuhkan faktor pendukung salah satunya yaitu bahan ajar. Mengingat kemajuan teknologi saat ini yang terus berkembang pesat, dengan demikian dapat dimanfaatkan salah satunya untuk mengembangkan bahan ajar. Pada penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan berupa e-modul berbasis canva pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi macam-macam gaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Juli 2022. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDN Pabuaran 02 Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 33 siswa. Pelaksanaan uji coba dilakukan secara terbatas dengan responden yang sudah ditentukan. Hasil penelitian dari validasi ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi mendapatkan hasil persentase rata-rata keseluruhan 90,64% yang menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul “Sangat Layak”. Pada tahap uji coba terbatas didapatkan respon siswa terhadap bahan ajar e-modul “Sangat Baik” dengan mendapatkan hasil persentase rata-rata keseluruhan sebesar 86,21%. Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli dan respon siswa maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul berbasis canva sangat layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran, mudah digunakan, menarik dan interaktif. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, e-modul, macam-macam gaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Sep 2022 04:14
Last Modified: 17 Sep 2022 04:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item