Amelia, Zahra Rizky and Sundari, Fitri Siti and Awaludin, Muhammad Taufik (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Di Kelas VA Dan VB Di Sekolah Dasar Negeri Ciheleut 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Zahra Rizky Amelia_037117150_PGSD.pdf Download (242kB) |
Abstract
ABSTRAK Zahra Rizky Amelia. 037117150. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Hasil Belajar Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar subtema usaha pelestarian lingkungan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Ciheleut 02 Kota Bogor yang terdiri dari 57 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar subtema usaha pelestarian lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar (74) yang termasuk kriteria tinggi, sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapat nilai N-Gain sebesar (57) yang termasuk kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar (92%), sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar (53%). Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,680616) > ttabel (2,004045). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciheleut 02. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran problem based learning yang melibatkan keaktifan serta cara berikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar; Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 04:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 04:51 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |