PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2022

Niranty, Agtri and Muhajang, Tatang and Gani, Resyi Abdul (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Agtri Niranty_037118142_PGSD.pdf

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAK Agtri Niranty. 037118142. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar. penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04. Subyek Penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. hal ini terlihat dari nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu 65,23 dengan kriteria sedang kemudian kelas kontrol yaitu 54,25 dengan kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 73,07% dan kelas kontrol sebesar 50%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,42) > ttabel (2,01063). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai model Problem Based Learning berbantu media tangram, sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, media tangram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:42
Last Modified: 21 Sep 2022 04:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item