PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Widia, Alin Nur and Laihad, Griet Helena and Hikmah, Nur (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Alin Nur Widia_037118113_PGSD.pdf

Download (656kB)

Abstract

ABSTRAK Alin Nur Widia, 037118113, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan menulis karangan deskripsi Subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 77 Peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas IV-B dan Model Pembelajaran Konvensional pada peserta didik Kelas IV-A. Perhitungan N-Gain model Problem based learning sebesar 54,9 dengan kriteria sedang, dan nilai N- Gain model konvensional sebesar 40,8 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,048) ≤ (0,141), pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,077) ≤ (0,144). Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ Ftabel, didapatkan nilai (1,04) ≤ (3,96). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar (6,63) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99547). Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku alternatif melalui penerapan Model Problem Based Learning. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:16
Last Modified: 22 Sep 2022 07:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item