PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Susanti, Deska Yulis and Sumardi, Sumardi and Muhajang, Tatang (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Deska Yulis Susanti_037118122_PGSD.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Deska Yulis Susanti, 037118122. Pengaruh Penerapan Model problem based learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku .Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas dan Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan Model problem based learning pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor kelas IV B dan IV C penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 48, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 45. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 64% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel (2,880) > (2,009). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penelitian terhadap hasil belajar pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku antara siswa yang mendapatkan perlakuan model problem based learning. Kata kunci : Hasil Belajar; Problem Based Learning,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:17
Last Modified: 22 Sep 2022 07:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item