Dewi, Eka Sari and Patras, Yuyun Elizabeth and Anjaswuri, Fitri (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS IV Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kota Depok Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Eka Sari Dewi_037118161_PGSD.pdf Download (71kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis canva pada tema daerah tempat tinggalku subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV SDN Cipayung 02 kota Depok dengan jumlah responden sebanyak 29 siswa. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan dengan menganalisis kebutuhan, mendesain e-modul, selanjutnya melakukan pengembangan e-modul, setelah itu melakukan validasi kepada para ahli, serta dilakukan revisi produk, kemudian melakukan uji coba terbatas e- modul berbasis canva kepada responden yang telah ditentukan. Hasil validasi yang diberikan oleh ahli bahasa dengan persentase sebesar 100% ahli materi dengan persentase 92,85% serta ahli media dengan persentase 92,8% menunjukan bahwa e-modul berbsis canva dinyatakan valid serta layak digunakan. Pada tahap uji terbatas sebanyak 29 siswa memberikan respon sangat baik terhadap e-modul berbasis canva yang digunakan dengan persentase 85,68%. Dengan demikian produk e-modul berbasis canva pada tema daerah tempat tinggalku yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-modul, Canva, Daerah Tempat Tinggalku
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 07:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:17 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5447 |
Actions (login required)
View Item |