PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik kelas IVA dan IVB di Sekolah Dasar Negeri Saparako Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)

Aulia, Lia and Hidayat, Rais and Karmila, Nita (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik kelas IVA dan IVB di Sekolah Dasar Negeri Saparako Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Lia Aulia_037117182_PGSD.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Lia Aulia. 037117182. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu eksperimen quasi dengan desain 2 grup di Sekolah Dasar Negeri Saparako kabupaten Bandung. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Saparako yang terdiri dari 61 peserta didik. penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok Kelas Eksperimen sebesar 51,5 dengan ketuntasan hasil belajar 86% sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 39,4 dengan ketuntasan hasil belajar 69%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,764) > ttable (2,000). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:17
Last Modified: 22 Sep 2022 07:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item