Aulia, Lia and Hidayat, Rais and Karmila, Nita (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik kelas IVA dan IVB di Sekolah Dasar Negeri Saparako Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Lia Aulia_037117182_PGSD.pdf Download (119kB) |
Abstract
ABSTRAK Lia Aulia. 037117182. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu eksperimen quasi dengan desain 2 grup di Sekolah Dasar Negeri Saparako kabupaten Bandung. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Saparako yang terdiri dari 61 peserta didik. penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok Kelas Eksperimen sebesar 51,5 dengan ketuntasan hasil belajar 86% sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 39,4 dengan ketuntasan hasil belajar 69%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,764) > ttable (2,000). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sumber Energi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 07:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:17 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5448 |
Actions (login required)
View Item |