PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakkan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bogor )

Mamat, Mutia Intan and Rostikawati, Teti and Sutjihati, Susi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakkan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bogor ). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 BIO MUTIA INTAN.pdf

Download (127kB)

Abstract

Mutia Intan Mamat. 036112021. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Di bawah Bimbingan Dra. R Teti Rostikawati, M.Si. Dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan karena pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan efektivitas pembelajaran di kelas yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran biologi yang meliputi ranah kognitif dan afektif serta mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah Bogor, pada bulan April 2016 sampai dengan Februari 2017, dengan materi Virus dan Bakteri. Proses penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Akhir setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah di uji kalibrasinya. berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakannya penelitian persentase pencapaian 53,12% dengan hasil belajar kognitif rata-rata 68. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar kognitif mencapai 74,49 dengan persentase 68,75%, hasil belajar afektif mencapai 68,75%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar kognitif mencapai 78,09 dengan persentase 87,05%, hasil belajar afektif mencapai 84,37%. berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Muhammadyah Bogor. Kata kunci : Jigsaw, Complete Sentence , Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:25
Last Modified: 22 Sep 2022 07:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item View Item