MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN KOLASE Studi Kurikulum 2013 ini dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Luar Biasa Dharma Wanita Tegallega Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Suba, Priska Lucia Ina Kewa and Badruzzaman, Nedin and Novita, Lina (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN KOLASE Studi Kurikulum 2013 ini dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Luar Biasa Dharma Wanita Tegallega Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD PRISKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Priska Lucia Ina NPM 037114364. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan kolabolator. Adapun penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak tunagrahita melalui penerapan permainan kolase sebagai media pembelajarannya. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SLB Dharma Wanita, Tegallega Kota Bogor yaitu sebanyak 7 orang yang seluruhnya siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran meningkat selelah 3 siklus. Sedangan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan yaitu siklus pertama dengan rata-rata nilai sebesar 72,37%, siklus kedua dengan rata- rata nilai 75,2% dan semakin meningkat pesat pada siklus ketiga dengan rata-rata nilai sebesar 84,75%. Begitu pula pada kreativitas anak yang semakin meningkat melalui penerapan kolase dengan nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 53,49%, pada siklus kedua sebesar 70,5% hingga menunjukan peningkatan yang sangat baik yaitu pada siklus tiga sebesar 79,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kolase ini dapat meningkatkan kreativitas anak tunagrahita karena sebagaimana telah kita ketahui bahwa anak tunagrahita memiliki keterbatasan intelektual sehingga peneliti lebih menekankan penilaian pada segi psikomotorik yang bisa dilihat dari kerajinan tangan atau kreativitas anak dalam melakukan permainan kolase. Selain itu juga manfaat lainnya, anak dapat terlatih untuk mengendalikan diri, tekun, disiplin dan terampil dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kolase, Kreativitas, Anak Tunagrahit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:26
Last Modified: 22 Sep 2022 07:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item