KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) CITARUM DITINJAU DARI LITERASI EKOLOGI (Studi Penelitian di SMA Negeri 1 Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur)

Lestari, Suci Fitri and Retnowati, Rita and Istiana, Rita (2020) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) CITARUM DITINJAU DARI LITERASI EKOLOGI (Studi Penelitian di SMA Negeri 1 Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
suci putri lestari.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK Suci Putri Lestari. 036116023. Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Ditinjau Dari Literasi Ekologi (Studi Penilitian di SMA Negeri 1 Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S dan Rita Istiana, S.Si M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory (kuantitatif-kualitatif) yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu literasi ekologi dan variabel terikat (Y) yaitu Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dengan literasi ekologi dan untuk mengetahui faktor lain yang memiliki hubungannya dengan kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling dengan kriteria Slovin. Pengambilan data kuantitatif menggunakan soal tes berupa uraian untuk variabel Y dan kombinasi kuesioner dan butir soal untuk variabel X. Setelah dilakukan uji korelasi product moment pearson diperoleh hasil terdapat hubungan positif kategori rendah antara literasi ekologi dan kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan DAS Citarum disebabkan oleh masih rendahnya minat membaca siswa, dengan persamaan regresi Ŷ= 88,025 + 0,474x dengan koefisien korelasi r = 0,22 dan r2 sebesar 5,04%. Harga r2 mengandung arti bahwa 5,04% kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan DAS Citarum dipengaruhi oleh literasi ekologi siswa. Berdasarkan hasil wawancara faktor-faktor yang dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan DAS Citarum yaitu keluarga, kebiasaan, kesadaran diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Kata kunci : Kemampuan menganalisis, Permasalahan lingkungan, Sungai Citarum, Literasi ekologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:55
Last Modified: 26 Sep 2022 03:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5511

Actions (login required)

View Item View Item