HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Kuswanto, Asep and Muhajang, Tatang and Mulyawati, Yuli (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Asep kuswanto.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Asep Kuswanto. 037114186. Hubungan Pola suh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumentes (soal) untuk variabel hasil belajar mata pelajaran matematika dan kuisioner berskala lima untuk variabel Pola Asuh Orang Tua. Uji validitas hasil belajar mata pelajaran matematika dihitung menggunakan rumus Point Biserial dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus KR-20 sedangkan uji validitas pola asuh orang tua dihitung menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Cibeureum Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor berjumlah 68 siswa. Sampel yang diambil 40 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 46,65 + 0,39x, artinya setiap pola asuh orang tua akan menyebabkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 0,39 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika dan Pola Asuh Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:58
Last Modified: 26 Sep 2022 03:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item