PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ceger 01 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Fajarillah, Rizky Catur and Sukmanasa, Elly and Suchyadi, Yudhie (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ceger 01 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2018PGSD RIZKI CATUR.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Catur Fajarillah, 037114275. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pakuan Bogor, 2018. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Ceger 01 kelas V yang terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 21 siswa laki - laki, dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil kualitas pembelajaran siklus pertama memperoleh nilai sebesar 86,33% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 97%. Nilai rata - rata hasil observasi perubahan perilaku siswa pada siklus pertama yaitu 63,65% dan pada siklus kedua memperoleh nilai rata - rata 85,81%. Begitu pula nilai rata - rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 55,00%, sedangkan siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 85,00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ceger 01 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:26
Last Modified: 30 Sep 2022 03:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item