PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cisarua 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Melinda, Veny and Sofyan, Deddy and Novita, Lina (2020) PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cisarua 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 PGSD VANY MALINDA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Veny Melinda 037116157 Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara literasi membaca terhadap kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cisarua 03 Kabupaten Bogor yang berjumlah 85 siswa. Sampel yang diambil 46 siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrument angket untuk kedua variabel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh literasi membaca dengan kemandirian belajar. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 40,56 + 0,57X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,98. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 96,04%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana literasi membaca dengan kemandirian belajar menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 40,56 + 0,57X yang berarti setiap kenaikan unit literasi membaca menyebabkan kenaikan kemandirian belajar sebesar 0,57 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara literasi membaca dengan kemandirian belajar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cisarua 03 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Literasi Membaca dan Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:27
Last Modified: 30 Sep 2022 03:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item