ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA DISLEKSIA Studi Kasus Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Desianza Azizah, Nur Siti (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA DISLEKSIA Studi Kasus Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD SITI NUR AZIZAH DESIANZA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Siti Nur Azizah Desianza, 037116066. Analisis Penggunaan Media Flashcard Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Disleksia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media flashcard dapat digunakan mengatasi kesulitan belajar membaca siswa disleksia dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca siswa disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas III yang mengalami kesulitan membaca atau disebut disleksia. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media flashcard yang dilakukan saat bimbingan belajar dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca siswa disleksia. Perkembangan yang dialami oleh subjek yaitu subjek mulai bisa mengenal dan melafalkan huruf baik itu huruf kapital maupun huruf kecil selain itu subjek juga mulai mengerti cara membedakan bentuk/bunyi huruf yang mirip seperti huruf “b” dan “d”, “f” dan “v”, “m” dan “n”, “p” dan “q”; (2) Faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca subjek terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu saat proses persalinan subjek menderita keracunan plasenta selain itu subjek juga terlahir secara premature dan pernah mengalami penyakit panas tinggi saat berusia 1 tahun. Sedangkan faktor eksternal berupa rasa lalai belajar subjek ketika di rumah karena senangnya bermain seperti bermain handphone atau bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar membaca siswa disleksia dan faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca siswa disleksia terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci : Flashcard, Kesulitan Belajar Membaca, Disleksia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:27
Last Modified: 30 Sep 2022 03:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item