PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS 4 PILAR (BILINGUAL-GREEN SCHOOL-PROJECT LEARNING- ICT) DI SMP AR-RIDHA AL SALAAM ISLAMIC GREEN SCHOOL

Maulidia, Syifa (2020) PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS 4 PILAR (BILINGUAL-GREEN SCHOOL-PROJECT LEARNING- ICT) DI SMP AR-RIDHA AL SALAAM ISLAMIC GREEN SCHOOL. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 P.BIO SYIFA MAULIDIA.pdf

Download (48kB)

Abstract

SYIFA MAULIDIA 036116053. Pembelajaran Sains Berbasis 4 Pilar (Bilingual-Green School-Project Learning-ICT) di SMP Ar-Ridha Al Salaam Islamic Green School. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Desti Herawati, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran sains berbasis 4 pilar (bilingual, green school, project learning, dan ICT) di SMP Ar-Ridha Al Salaam Islamic Green School. Penelitian dilaksanakan mulai Januari – Juli 2020 dengan beberapa informan yaitu guru sains, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, siswa, dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan pertemuan virtual via WhatsApp Video Call dan Zoom Meeting. Diperoleh dua jenis data yaitu data primer berasal dari wawancara dan observasi, serta data sekunder yang berasal dari studi dokumentasi. Pembelajaran sains dilaksanakan dengan kombinasi dari keempat pilar yang menjadi ciri khas sekolah. Pembelajaran sains berbasis 4 pilar dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dan program-program sekolah. Pembelajaran diawali dengan perencanaan secara seksama yang dilakukan setiap awal tahun ajaran bersama seluruh guru. Pada pelaksanaannya pembelajaran sains dilakukan secara kontekstual dengan berbagai teknik dan strategi pembelajaran kooperatif. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala dengan ujian formatif, ujian sumatif, dan dengan berbagai teknik penilaian. Pembelajaran sains akan semakin efektif dan menyenangkan jika dilaksanakan dengan optimalisasi kolaborasi siswa, guru, sekolah, serta peran orang tua. Peran 4 pilar pembelajaran menciptakan lulusan yang berwawasan lingkungan, kreatif, percaya diri, adaptif, dan mampu berdaya saing global. Kata kunci: Pembelajaran sains, bilingual, green school, project learning, ICT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:27
Last Modified: 30 Sep 2022 03:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item