PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian dengan Studi Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021

Devi, Ratna (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian dengan Studi Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 PGSD RATNA DEVI.pdf

Download (57kB)

Abstract

Ratna Devi, 037116019. Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaf dengan Pendekatan Kausal pada kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA, IVB, dan IVC SD Negeri Sukasari Kota BogorTahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 93 dengan sampel sebanyak 48 responden. Data penelitian diperoleh dengan mengunakan angket kuisioner untuk variabel kebiasaan belajar dan soal tes pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,335 dan dalam pola Ŷ = 43,85 + 0,236x. Yang berarti tingkat pengaruh tergolong rendah dan diperoleh thitung sebesar 2,713 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990 dengan taraf nyata 0,05 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:28
Last Modified: 30 Sep 2022 03:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item