UBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Fajariani, Resti (2018) UBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2018 PGSD RESTI FAJARIANI.pdf

Download (58kB)

Abstract

Resti Fajariani. 037114076. Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Subyek penelitian ini ada siswa di kelas IV-A dan IV-B di Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang terdiri dari 47 sampel responden. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan uji Liliefors untuk variabel minat belajar siswa dan hasil belajar matematika menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel = 0,0783 < 0,129 berarti galat baku taksiran normal. Kemudian dilakukan pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel = 1,6 < 4,06 yang berarti skor pada variabel minat belajar siswa dan skor pada variabel hasil belajar matematika memiliki varian yang sama, sehingga kedua skor berasal dari populasi yang homogen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ỷ = -16,46+ 0,61X, dengan fhitung > ftabel = 933 > 4,06 yang berarti signifikan. Kekuatan hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxy = 0,97 dan koefisien determinasi (KD) = 0,94 menunjukkan bahwa 94% hasil belajar pada mata pelajaran matematika dapat diperoleh dari adanya minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau terdapat hubungan positif antara minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:30
Last Modified: 30 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5584

Actions (login required)

View Item View Item