PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabuputen Bogor)

Sanjaya, Rusli Ferry (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabuputen Bogor). Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 PGSD FERRY RUSLI SANJAYA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Ferry Rusli Sanjaya. 037116016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor yang dilakukan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 102 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 51 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pada variabel minat belajar sebesar 113,1 dan nilai rata-rata pada variable hasil belajar matematika yaitu sebesar 65,3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,409 atau sebesar 40,9%. Hal ini berarti nilai pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 40,9%, melalui persamaan regresi Ŷ = (−65,24 + 1,15X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor hasil belajar matematika adalah karena minat belajar peserta didik pada saat pembelajaran. Kata kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:40
Last Modified: 30 Sep 2022 03:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item