HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilebut 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Syaripurrohmah, Indana Aulia (2020) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilebut 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
2020 PGSD INDANA AULIA SYARIPURROHMAH.pdf

Download (53kB)

Abstract

Indana Aulia Syaripurrohmah. 037116127. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan desain dan model Korelasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 43 siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisisen korelasi (rxy) sebesar 0,389. Ini menunjukkan adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 15,1%. Sisanya ditentukkan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika sebesar 15,1% ditentukan oleh kemandirian belajar melalui persamaan regresi Ŷ = 20,337+0,44x, artinya setiap kenaikan unit nilai kemandirian belajar akan menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika sebesar 0,44 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilebut 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:41
Last Modified: 30 Sep 2022 03:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item