PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Herfyani, Astri (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Astri Herfyani.docx

Download (42MB)

Abstract

ABSTRAK Astri Herfyani, 037114357. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor pada siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 76,5, siklus II 81,75, dan siklus III 88,25 meningkat sebesar 11,75, observasi perubahan sikap siswa siklus I 59,19, siklus II 78,29, dan siklus III 81,27 meningkat sebesar 22,08, begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 64%, siklus II 76%, dan siklus III 88% meningkat sebesar 24%. Pada ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I mencapai 56%, siklus II 78%, dan pada siklus III 85% meningkat sebesar 29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik. Pada siswa kelas IV SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Hasil Belajar, dan Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:46
Last Modified: 02 Nov 2022 06:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item