PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PAUD DAN NON PAUD Studi Deskripstif Dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cikeas 03 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahmawati, Leny PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PAUD DAN NON PAUD Studi Deskripstif Dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cikeas 03 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Leny Rahmawati 037114072.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
Bab IV FIX (Oktober).docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Leny Rahmawati 037114072, Perbedaan Perkembangan Sosial Siswa SD yang berasal dari PAUD dan NON PAUD Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cikeas 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif jenis Deskriptif dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang terjadi pada perkembangan sosial siswa SD yang berasal dari PAUD dan yang berasal dari Non PAUD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar yang terdiri dari enam siswa, dengan tiga siswa yang berasal dari PAUD dan tiga siswa yang tidak berasal dari PAUD. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan perkembangan sosial antara siswa SD yang berasal dari PAUD dan yang berasal dari Non PAUD. Perbedaan terjadi pada sikap kemandirian, kepercayaan diri, solidaritas dalam tolong menolong dan kerja sama dengan orang lain. Penelitian ini berkesimpulan bahwa siswa yang berasal dari PAUD mengalami perkembangan sosial yang lebih baik daripada siswa yang tidak berasal dari PAUD karena siswa yang berasal dari PAUD terlihat lebih mandiri, lebih percaya diri, memiliki solidaritas yang tinggi dan dapat bekerja sama dengan baik daripada siswa yang tidak berasal dari PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:48
Last Modified: 02 Nov 2022 03:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item