PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Studi Eksperimen Quasi di Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Evi Lathifah, Zulfa PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Studi Eksperimen Quasi di Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (49kB)
[img] Text
BUKTI PENGESAHAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meneliti perbedaan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model student teams achievement division dan student facilitator and explaining. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan populasi 104 siswa yang terdiri dari kelas VA, VB dan VC SDN Nanggewer 03 semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui 34 soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata N-Gain yang didapatkan kelas STAD sebesar 53 dan kelas konvensional sebesar 52 serta hasil uji t menunjukkan thitung (0,29) < (1,996). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran SFaE dengan model pembelajaran konvensional dilihat dari rata-rata N-Gain yang didapatkan kelas SFaE sebesar 62 dan kelas konvensional sebesar 52 serta uji t menunjukkan thitung (2,97)>(1,995). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran STAD dan SFaE dilihat dari rata-rata N-Gain yakni model STAD sebesar 53 dan SFaE sebesar 62 serta uji t menunjukkan thitung (-2,60) > (1,995). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran kooperatif student teams achievement division dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division, Student Facilitator And Explaining.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:01
Last Modified: 04 Nov 2022 07:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item