PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019

Maulana, Sukria (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.docx

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada Tema Pduli Makhluk Hidup Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku pada siswa kelas IV/C menggunakan Model Discovery Learning. Obyek penelitian ini adalah siswa SDN Kukupu 2 kelas IV/C yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Tema Peduli Makhluk Hidup pada subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67%,hasil belajar siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 81%.Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 73,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,6. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 67,72, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,74. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV/C di SDN Kukupu 2 Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Selain itu Model Discovery Learning dapat meningkatkan Keaktifan, kerjasama, dan k eberanian siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Peduli Makhluk Hidup, Discver Larning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:32
Last Modified: 11 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item