PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021)

Tanzil, Rahmatiani (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1656997201587_1656669906977_SKRIPSI RAHMATIANI TANZIL 037116034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmatiani Tanzil, 037116034. Pengaruh Keperacayaan diri terhadap Hasil Helajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaf dengan Pendekatan Kausal dengan kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 02 Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 171 dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket kuisioner untuk variabel kepercayaan diri dan soal tes pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = (17,98 + 0,79x) dengan koefisien korelasi sebesar 0,60 dan koefisien determinasi sebesar 0,366 dan diperoleh thitung sebesar 5,98 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf nyata 0,05 yang berarti signifikan. Berdasakan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:32
Last Modified: 11 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item