PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 2 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Prayudha, Surya (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 2 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Full_Surya Prayudha.docx

Download (15MB)

Abstract

Surya Prayudha, 037117009. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Orang Tuaku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Subtema Pekerjaan Orang Tuaku melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 2 Kota Depok Kelas IVA dan Kelas IVB pada bulan November sampai bulan Desember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,066 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,136 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ Ftabel, didapatkan nilai 1,03 ≤ 1,89. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 5,52 lebih besar dari Ttabel sebesar 2,01063, menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif hasil belajar Subtema Pekerjaan Orang Tuaku melalui penerapan Model Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning,Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:32
Last Modified: 11 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item