PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancabungur 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Tajkiyah, Hilda Farhatu (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancabungur 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Revisi Skripsi Full BabI-V(HildaFarhatuTajkiyah).pdf

Download (6MB)

Abstract

Hilda Farhatu Tajkiyah, 037118035. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2022. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Rancabungur 01 Kabupaten Bogor Kelas IV A dan IV B pada bulan April sampai bulan Mei semester genap. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 69 dengan kreteria rendah dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 50 dengan kriteria rendah. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors kedua samber berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,104 ≤ 0,147, dan pada kelompok kelas control didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,145 ≤ 0,149. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari Ftabel, didapatkan nilai 0,88 ≤ 1,76. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thiitung sebesar 5,234 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99495, menunjukan H₀ (hipotesis nol) ditolak dan Hₐ (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV di SDN Rancabungur 01 Kota Bogor. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:38
Last Modified: 11 Nov 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item