PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Fazriati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (154kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I Fazriati.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II Fazriati.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III Fazriati.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV Fazriati.docx

Download (351kB)
[img] Text
BAB V Fazriati.docx

Download (26kB)

Abstract

Fazriati, 0371142136, Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. 2018. Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pelajaran Matematika kelas IV melalui model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang terdiri dari 43 siswa. dengan komposisi 21 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil belajar aspek kualitas proses pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 66 dan meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 79 dan meningkat pada siklus III menjadi rata-rata 83 termasuk dalam interprestasi sangat berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek sikap siklus I mencapai hasil 63, sedangkan siklus II mencapai ketuntasan hasil 81,75, selanjutnya siklus III mencapai ketuntasan hasil 82 yang artinya penelitian berhasil. Hasil belajar aspek keterampilan siklus I mencapai hasil 61,66 sedangkan pada siklus II mencapai hasil 80,99, selanjutnya siklus III mencapai hasil 81,37 yang artinya penelitian berhasil. Pada Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase hasil 67,44%, sedangkan siklus II mencapai persentase hasil 79,06%, selanjutnya siklus III mencapai persentase hasil 86,04% yang artinya penelitian berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan pada mata pelajaran di kelas IV-D Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran Semester Ganjil 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:18
Last Modified: 11 Nov 2022 02:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item