PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016 / 2017

Oktaviani, Nita (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
01 SKRIPSI COVER SKRIPSI STAD.pdf

Download (20kB)
[img] Text
02 SKRIPSI LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
05 SKRIPSI ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX BAB 1 SKRIPSI STAD.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX BAB II SKRIPSI STAD.pdf

Download (482kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX BAB III SKRIPSI STAD.pdf

Download (426kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4.pdf

Download (316kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5 STAD.pdf

Download (150kB)

Abstract

Nita Oktaviani 037113400 Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalaui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru sebagai tim kolaboraotor sebagai pengamat/observer. Prosedur penelitian ini dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan ini dilakuakan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar matematika meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 77,5 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89,75 dengan interpretasi baik, begitu pula dengan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 72,75 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88,73 dengan interpretasi baik. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I yang mendapatkan rata-rata 54,62 dengan ketuntasan sebesar 53,85% dari 26 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas dan 12 siswa belum mencapai KKM, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 90,26 dengan ketuntasan sebesar 92,31% dari 26 siswa terdapat 24 siswa telah tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Bogor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:28
Last Modified: 11 Nov 2022 06:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6119

Actions (login required)

View Item View Item