PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kawungluwuk Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021

Nita Herlina, Endang (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kawungluwuk Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_037116031_Endang NH.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Endang Nita Herlina. 037116031. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Pendekatan Studi Kausal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 89 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi Product Moment, sebesar 0,508. Selain itu, diperoleh thitung sebesar 5,502 dan ttabel 1,990. Dari hasil interprestasi hubungan koefisien korelasi, terlihat bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 25,8% atau dapat dikatakan dalam kategori rendah. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:17
Last Modified: 15 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item