PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirpogor Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Al Fatah, Afdul (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirpogor Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.docx

Download (159kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Afdul Al Fatah, 037114406. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dan Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan dalam peneliti ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirpogor Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar 65,13, siklus II 86,41, dan siklus III 93,34 dengan indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan sikap siswa siklus I 69,63, siklus II 73,80, dan siklus III 91,02 dengan indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan keterampilan siswa pada siklus I sebesar 68,33, siklus II 71,39, dan siklus III 88,98 indikator keberhasilannya yaitu 81, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 52,8%, siklus II sebesar 73%, dan siklus III sebesar 91% indikator keberhasilannya yaitu 85% nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem pencernaan manusia dan sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirpogor Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture And Picture, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:17
Last Modified: 15 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6138

Actions (login required)

View Item View Item