HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Korelasional pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018

Jaka Perdana, Ilkham (2018) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Korelasional pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER Ilmi FIX.docx

Download (56kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan DLL FIX.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB I Ilmi FIX.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II Ilmi FIX.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III Ilmi FIX.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV Ilmi FIX.docx

Download (186kB)
[img] Text
BAB V Ilmi FIX.doc

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Ilkham Jaka Perdana 037114317 Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Disiplin Belajar dan variabel Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Soal Tes . Uji validitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Disiplin Belajar menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor berjumlah 124 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,9652. Ini menunjukkan adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,9316 atau sebesar 93,16%. Hal ini berarti nilai konstribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 93,16%, melalui persamaan regresi Ŷ = -19,5 + 1,191x. Sisanya sebanyak 6,84% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:16
Last Modified: 15 Nov 2022 04:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item View Item