PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Umaiyah, Syarifatul (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN (Recovered).docx

Download (292kB)
[img] Text
Bismillah BAB I Fix.docx

Download (33kB)
[img] Text
Bismillah BAB II Fix.docx

Download (58kB)
[img] Text
Bismillah BAB III Fixx.docx

Download (117kB)
[img] Text
Bismillah BAB IV Fix.docx

Download (220kB)
[img] Text
Bismillah BAB V fix.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Bilangan Pecahan pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif Make a Match. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kelas VA yang terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki–laki, dan 16 siswa perempuan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 75%, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82 dengan presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,9%. Sedangkan proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 77,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,5. Begitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77,7, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu model pembelajaran make a match dapat memperbaiki hasil belajar, meningkatkan kualitas pelaksanan pembelajaran di kelas serta meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif Make a Match , Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6171

Actions (login required)

View Item View Item