HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas VA, VB dan VC Di Sekolah Dasar Negeri Rawailat Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Aulia, Dinar (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas VA, VB dan VC Di Sekolah Dasar Negeri Rawailat Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan dll.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB I sampe 5.docx

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Dinar Aulia. 037114153. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel motivasi berprestasi dan menggunakan tes untuk variabel hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Negeri Rawailat Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 53 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji voba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,41. Ini menunjukkan adanya hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1681 atau sebesar 16,81%. Hal ini berarti nilai kontribusi motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika sebesar 16,81%, melalui persamaan regresi Ŷ = 25,52 + 0,32X. Sisanya sebanyak 83,19% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika. Hal ini berarti, untuk meningkatkan hasil belajar matematika diperlukan motivasi berprestasi yang tinggi. Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item