HUBUNGAN PERSEPSI KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Lasro Hayati, Monica (2017) HUBUNGAN PERSEPSI KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
cover.docx

Download (62kB)
[img] Text
lembar pengesahan (i.ii).docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I (10lbr).docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II (60).docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB III (19).docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV (23).docx

Download (163kB)
[img] Text
BAB V (5).docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Monica Lasro Hayati, NPM 037113304, Hubungan antara Persepsi Kecerdasan Interpersonal dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada persepsi kecerdasan interpersonal sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan pada bulai Mei 2017. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang terdiri dari lima rentang skor untuk variabel persepsi kecerdasan interpersonal. Perhitungan validasi instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Product Moment Pearsons, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan program Microsoft excel dan rumus Alpha Crobach. Penelitian ini menunjukkan hasil rata – rata persepsi kecerdasan interpersonal berada pada taraf interprestasi kuat dengan nilai 98,8 dan nilai rata – rata prestasi belajar pada taraf interpretasi sangat tinggi dengan nilai 79,4. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 23,58 + 0,68X artinya setiap peningkatan satu unit persepsi kecerdasan interpersonal akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,68 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,853 yang berarti terdapat hubungan kedua sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,53 yang berarti persepsi kecerdasan interpersonal berkontribusi 53% terhadap prestasi belajar dimana persyaratan uji hiptesis statistik; H0 : µy = 0 (tidak terdapat hubungan persepsi kecerdasan interpersonal (X) dengan prestasi belajar (Y)); Ha : μy ≠ 0 (terdapat hubungan persepsi kecerdasan interpersonal (X) dengan prestasi belajar (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perseps kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Persepsi Kecerdasan Interpersonal,Prestasi Belajar, dan Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item