HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Penelitian Korelasional di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bedahan 01 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Haryani, Yusi (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Penelitian Korelasional di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bedahan 01 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover skripsi.docx

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Yusi Haryani. 037114385. Hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini merupakan studi korelasional melalui metode survey. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Bedahan 01 tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 53 sampel responden. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk variabel kemandirain belajar siswa dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar mata pelajaran matematika. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,95 sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,90 atau sebesar 90 %. Hal ini berarti nilai kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika sebesar 90 %, melalui persamaan regresi Y ̂ = 11,111+0,0266X. Sisanya sebanyak 10% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bedahan 01 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, dan Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item