PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKTAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Andini Nurul Ilma, Fitri (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKTAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor dengan jumlah siswa 84 siswa dengan menggunakan desain tiga kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor pada bulan April, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas Inkuiri Terbimbing sebesar 73,1 sedangkan nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas PBL sebesar 65. Sehingga nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas Inkuiri Terbimbing lebih besar dari kelompok kelas PBL maupun kelas konvensional. Pada uji normalitas dengan uji Liliefors. Pada kelompok kelas Inkuiri Terbimbing diperoleh nilai Lhitung (0,131)< Ltabel (0,170), pada kelompok kelas PBL diperoleh nilai Lhitung (0,123)< Ltabel (0,167), dan pada kelompok kelas Konvensional diperoleh nilai Lhitung (0,106)< Ltabel (0,164). Kemudian pada uji homogenitas diperoleh X2 hitung (2,963) < Ltabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung (5,435) > ttabel (2,00488) untuk model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Konvensional, thitung (3,183) > ttabel (2,00404) untuk model pembelajaran Problem Based Learning dan Konvesional dan thitung (2,726) > ttabel (2,00575) untuk model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning. Dikarenakan ketiga hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, PBL, Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item