PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Nur Sehha, Siti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover Skripsi Sehha.pdf

Download (37kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Sehha. NPM. 037114139. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Citaringgul dengan jumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Citaringgul 06 pada bulan April, semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 68,75, siklus II sebesar 89,25 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 85. Hasil observasi perubahan sikap siswa menunjukkan adanya peningkatan pada keaktifan, percaya diri, dan tanggung jawab siswa dengan perolehan nilai pada siklus I sebesar 62,96, siklus II sebesar 88,15 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 85. Kemudian hasil observasi penilaian keterampilan juga mengalami peningkatan pada keterampilan menilai isi pengetahuan, keterampilan presentasi, dan penggunaan bahasa dengan perolehan nilai pada siklus I sebesar 63,70, siklus II sebesar 88,89 nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 85. Begitu pula nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I memperoleh 63,75 dengan tingkat ketuntasan 50%, siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,7 dengan tingkat ketuntasan 88% nilai tersebut telah melampaui indikator keberhasilan yaitu minimal 85% dengan KKM 65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/1018. Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:33
Last Modified: 19 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item View Item