HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Korelasional dilakukan pada Siswa Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017-2018

Ramdani, Tsani (2018) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Korelasional dilakukan pada Siswa Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
TSANI RAMDANI (037113351).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tsani Ramdani, NPM 037113351, Hubungan Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada kreativitas guru sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018. Subjek penelitian ini adalah kelas VA dan VB yang terdiri dari 41 sampel responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian angket dengan skala likert yang terdiri dari lima rentang skor untuk variabel kreativitas guru. Perhitungan validasi instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Product Moment Pearsons, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Alpha Crobanch. Penelitian ini menunjukan hasil rata – rata kreativitas guru berada pada taraf interprestasi sangat tinggi dengan nilai 112,902 dan nilai rata – rata hasil belajar pada taraf interprestasi tinggi dengan nilai 89,26. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 0,07+ 0,79X. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,936 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,88 yang berarti kreativitas guru berkontribusi 88% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kreativitas guru dengan hasil belajar IPA. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar, dan IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:32
Last Modified: 19 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6217

Actions (login required)

View Item View Item