HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas IVA, IVB, IVC, IVD Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017

Riesti, Ismi Oktia (2017) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas IVA, IVB, IVC, IVD Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
cover bener.docx

Download (62kB)
[img] Text
embel embel.docx

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ...docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 1-19.docx

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ismi Oktia Riesti. 037112101. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2016. Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasional pada kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Skripsi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA, IVB, IVC, dan IVD Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor yang terdiri dari 108 sampel responden diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang terdiri dari lima rentang skor untuk variabel (X), dan instrumen penelitian berupa soal untuk variabel (Y). Perhitungan validasi instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Product Moment Pearsons, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan program Microsoft Excel dan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas liliefors untuk menunjukkan sampel berdistribusi normal. Setelah uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ=-82,494+1,696x yang berarti setiap peningkatan satu unit kebiasaan belajar akan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 1,696 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,981 yang berarti terdapat hubungan antara variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r^2) sebesar 0,99 yang berarti kebiasaan belajar berkontribusi 98% dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Dari hasil uji signifikasi korelasi antara kedua variabel menghasilkan Fhitung= 2824,293 > Ftabel = 3,94, thitung> ttabel yang berarti positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Bahasa Indonesia dan korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:56
Last Modified: 25 Mar 2023 01:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item