Pengaruh Kampanye #Tukarbaju di Akun Instagram @Tukarbaju_ terhadap Perilaku Konsumerisme

Hisyam, Lathifa Tri Wahyu and NUGROHO, DAVID RIZAR and Alamsyah, Feri Ferdinan (2022) Pengaruh Kampanye #Tukarbaju di Akun Instagram @Tukarbaju_ terhadap Perilaku Konsumerisme. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
Lathifa Tri Wahyu Hisyam-044116427_1.pdf

Download (389kB)

Abstract

Perkembangan indystri fashion semakun menunjukkan dampak yang positif di indonesia.fashion juga menyumbang kontribusi 2% terhadap total pertumbuhan industri kreatif yang mencapai 6,4% atau melampaui laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) nasional tahun 2018 yang hanya menyentuh 5,78% Di balik dampak positif ,industri fashion adalah salah satu industri yang paling terpolusi di dunia yang menyumbang 20% limbah air dan 10% total emisi karbon dunia.Selain itu dampak budaya konsumerisme juga menjadi salah satu akibat dari berkembanganya industri fashion.Kampanye #Tukarbaju yang di gagas oleh zero waste indonesia memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran bagi masyrakat untuk peduli limbah fashion dan limbah testik di indonesia.Remaja kerap dinilai sebagai generasi yang kreatif dan memiliki banyak ide-ide yang menarik .Di sisi lain,remaja cenderung konsumtif karena di pengaruhi oleh budaya digital dan penggunaan internet.Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik responden kampanye#Tukarbaju mendeskripsikan bentuk kegiatan kampanye #Tukarbaju Mendeskripsikan perilaku konsumerisme kalangan remaja ,dan menganalisis pengaruh kampanye #Tukarbaju terhadap perilaku konsumerisme kalangan remaja .Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk wawancara.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling ,yaitu teknik pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu yang di anggap mempunyai sangkut pautnya dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya.teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan teknik menganalisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana .hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kampanye #Tukarbaju di akun instagram @Tukarbaju_terhadap perilaku konsumerisme kalangan remaja dimiliki nilai pengaruh sebesar 41,5% sedangkan sisanya 58,5% (100%-41,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:07
Last Modified: 25 Mar 2023 02:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item