Upaya Peningkatan Pelayanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar melalui Evaluasi Program Menggunakan Metode CIPP (Penelitian pada Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor)

Dja’far, Harmi Ibnu and Tunas, Billy and Sunaryo, Widodo (2021) Upaya Peningkatan Pelayanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar melalui Evaluasi Program Menggunakan Metode CIPP (Penelitian pada Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor). disertasi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text (cover-abstrak)
1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (bab i)
2.pdf

Download (942kB)
[img] Text (daftar pustaka)
3.pdf

Download (832kB)

Abstract

Pendidikan Non Formal (PNF) dalam perluasan layanan pendidikan dan diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Kedua bentuk pendidikan itu bersifat saling melengkapi, menambah, dan menggantikan peran-peran salah satu bentuk pendidikan yang kurang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan warga masyarakat. Berbagai kendala telah ditemukan sebagai penghambat optimalisasi program sehingga diperlukan evaluasi program agar tercapai efektivitas dalam mendukung tujuan dari program. Penelitian ini bertujuan untuk mencari cara dan strategi dengan mengevaluasi Program Pendidikan NonFormal Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Penelitian berjenis evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) yang dikembangkan oleh Daniel Leroy Stufflebeam. Instrumen pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi dan data display, data verification dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi terhadap Context program berkategori ''Baik dan Cukup", Input program berkategori "Baik dan Cukup", Process program berkategori "Baik", dan Product program berkategori "Baik". Rekomendasinya adalah program ini dapat dipertahankan dengan perbaikan pada Context program dan Input program. Action Plan yang dilakukan adalah Webinar Seminardalam upaya Peningkatan Layanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (disertasi)
Subjects: Pascasarjana > MANAJEMEN PENDIDIKAN
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:14
Last Modified: 26 Aug 2022 13:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item