SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NON-SUBSIDI READY STOCK PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG CIBINONG

Tidar, Ekawati (2020) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NON-SUBSIDI READY STOCK PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG CIBINONG. Diploma thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_Cover.pdf

Download (185kB)
[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_BAB1.pdf

Download (275kB)
[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_BAB3.pdf

Download (374kB)
[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_BABV.pdf

Download (261kB)
[img] Text
081017002 Tidar Ekawati_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF TIDAR EKAWATI. NPM: 081017002. Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit Pemilikan Rumah Non-Subsidi Ready Stock pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Cibinong. Di bawah bimbingan: SITI MAIMUNAH dan ZUL AZHAR. Sistem Informasi Akuntansi merupakan komponen kunci dalam proses pembuatan keputusan. Hal tersebut berlaku pada proses Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Non-Subsidi. KPR Non-Subsidi dibagi menjadi dua yaitu, KPR Non-Subsidi Ready Stock dan KPR Non-Subsidi Indent. Perbedaannya hanya terletak pada realisasi pemilikan rumah yaitu Ready Stock lebih cepat dibandingkan Indent. Untuk mendukung proses pemberian kredit tersebut maka diterapkan Sistem Informasi Akuntansi yang meliputi perangkat lunak (software), prosedur, bagan alir (flowchart), fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan dan pengendalian internal. Penerapan sistem informasi akuntansi pada perusahaan dapat mempermudah dalam proses Pemberian Kredit Pemilikan Rumah Non-Subsidi Ready Stock. Dalam penelitian ini berusaha mendeskripsikan penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit Pemilikan Rumah Non-Subsidi Ready Stock pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Cibinong. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Perbankan. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan. Kegiatan operasional PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk antara lain, KPR dan perbankan konsumer, perumahan dan perbankan komersial, perbankan syariah, treasury dan asset management. Pada Sistem Informasi Akuntansi Pemberian KPR Non-Subsidi Ready Stock terdiri dari perangkat lunak yang digunakan yaitu, E-loan Consumer System yang berfungsi sebagai sistem aplikasi yang mengelola kredit dan Branch Delivery System yang berfungsi sebagai sistem aplikasi yang mengelola realisasi kredit. Bagan alir (flowchart) pada pemberian KPR Non-Subsidi Ready Stock dibagi menjadi dua yaitu, pengajuan dan realisasi namun belum digambarkan oleh perusahaan. Pemerikasaan dokumen dilakukan oleh setiap fungsi terkait pada pemberian kredit tersebut. Fungsi terkait pada pengajuan KPR Non-Subsidi Ready Stock dalam proses akad kredit masih terdapat fungsi yang tumpang tindih, yang seharusnya dilaksanakan oleh Consumer Lending Unit namun dilaksanakan oleh Consumer Loan Officer. Pemberian KPR Non-Subsidi Ready Stock dapat diberikan kepada pemohon jika prosedur pengajuan dan realisasinya sudah disetujui oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Cibinong. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pemberian KPR Non-Subsidi Ready Stock sudah tepat, namun bagan alir (flowchart) pada pengajuan dan realisasi belum digambarkan sehingga sulit memahami perputaran dokumen dengan fungsi terkait pada setiap prosedurnya dan terdapat fungsi yang merangkap tugas kerja, yaitu bagian Consumer Loan Officer. Dimana fungsi tersebut selain mempersiapkan akad kredit juga mempersiapkan realisasi kredit. Adapun saran dari penulis yaitu untuk dibuatkannya bagan alir (flowchart) pada pengajuan dan realisasi KPR Non-Subsidi Ready Stock. Fungsi terkait pada Pengajuan KPR Non-Subsidi Ready Stock dalam tahap akad kredit diusahakan agar diisi sehingga dapat meningkatkan pengendalian internal atas pemisahan fungsi terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Program D III > Akuntansi_D III
Depositing User: Unnamed user with email perpuspusat@unpak.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 05:34
Last Modified: 22 Jan 2022 05:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8

Actions (login required)

View Item View Item