PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Jalan Bhakti Abri Kecamatan Tapos Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021

Ramadanti, Desi and Anwar, Wawan Syahiril and Nurlela, Nintin (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Jalan Bhakti Abri Kecamatan Tapos Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD DESI R.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Desi Ramadanti 037117061.Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok yang terdiri dari 65 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 59, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 37. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 83% sedangkan pada kelompok kelas kontorl sebesar 60%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,9711) > ttabel (1,99834). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dansignifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif kreatif dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:21
Last Modified: 26 Aug 2022 13:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item