PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Penelitian Kausal dilakukan di kelas IV SD Negeri Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021

Fajarwat, Dewi Afrilia and Rosdiana, Rina and Mulyawati, Yuli (2021) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Penelitian Kausal dilakukan di kelas IV SD Negeri Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD DEWI A.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Afrilia Fajarwati.037116183. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada peserta didik kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universtitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Reward dengan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini merupakan studi kausal, subyek penelitian ini berjumlah 92 peserta didik kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Kukupu 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 48 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket dan soal pilihan ganda berupa skala likert untuk Reward dan Soal pilihan ganda untuk Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus AlphaCronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,102 < Ltabel = 0,128 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,13 < Ftabel = 4,05 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara Reward dengan Hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku dengan adanya pengaruh yang fungsional antara Reward dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku dinyatakan melalui Persamaan regresi Ŷ = 18,4 + 0,59x, koefisien korelasi sebesar 0,53 yang dikategorikan sedang. Dengan koefisien determinasi r2 = 0,2809 yang menunjukkan bahwa Reward berkontribusi sebesar 29,09% terhadap hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku, sedangkan 71,91% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci : Reward, Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Kausa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:25
Last Modified: 26 Aug 2022 13:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item