PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurafifah, Erliana Juwita and Budiana, Sandi and Santa (2021) PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD ERLIANA J.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Erliana Juwita Nurafifah. 037117026. Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal pada literasi membaca sebagai variabel bebas dan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara literasi membaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alm di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 03 Sukamakmur Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 76 peserta didik dengan sampel 43 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket skala likert untuk variabel literasi membaca dan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi terdapat pengaruh yang positif antara literasi membaca dan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Hal ini terlihat dari pengujian korelasi sederhana sebesar 0,46 yang dikategorikan sedang, dengan koefisen determinasi 21,16%. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 26.3+ 0,44(x) yang artinya setiap peningkatan satu unit literasi membaca maka akan meningkat hasil belajar sebesar 0,44 unit. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung 3,309>ttabel 2,020. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi membaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian sumber daya alam di Indonesia pada kelas IV SDN Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Literasi Membaca, Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 13:26
Last Modified: 26 Aug 2022 13:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item